Friday, July 16, 2021

SMP Negeri 9 Surakarta Mengadakan In-House Training Sekolah Penggerak

In-House Training Sekolah Penggerak SMP Negeri 9 Surakarta
7 Juli 2021 - 15 Juli 2021

Beberapa guru SMP Negeri 9 Surakarta mengikuti In-House Training Sekolah Penggerak pada Rabu, 7 Juli 2021 sampai Kamis, 15 Juli 2021. Diklat tersebut menjadi kegaitan pengimbasan oleh Komite Sekolah Penggerak SMP Negeri 9 Surakarta yang telah mengikuti diklat sebelumnya secara daring. Kegiatan In-House Training diikuti oleh perwakilan guru setiap mata pelajaran, terutama guru yang mengampu kelas VII. Mengingat masih diberlakukannya PPKM, kegiatan diklat ini dilakukan secara daring dan luring.

In-House Training Sekolah Penggerak SMP Negeri 9 Surakarta
7 Juli 2021 - 15 Juli 2021

Fokus pada kegiatan diklat Sekolah Penggerak ini adalah untuk membahas kurikulum pembelajaran yang baru dan perangkat yang akan digunakan. Selain itu, penanaman nilai-nilai sikap juga diutamakan demi terwujudnya Profil Pelajar Pancasila. Dalam kegiatan Sekolah Penggerak, kurikulum yang akan digunakan adalah Kurikulum Operasional Sekolah dalam Satuan Pendidikan (KOS). Para peserta diklat diperkenalkan dengan Capaian Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran hingga Modul Ajar yang akan menjadi perangkat dalam pembelajaran menggunakan kurikulum baru.

Tidak hanya itu, para peserta juga diminta berdikusi dalam kelompok-kelompok kecil terkait mater-materi yang disampaikan. Setelah berdiskusi, mereka akan mempresentasikan hasilnya dan mendiskusikannya hasilnya di forum yang lebih besar. Sebagai media latihan, peserta juga diminta untuk membuat komponen pembelajaran seperti Alur Tujuan Pembelajaran, Rancangan Asesmen Diagnostik hingga Modul Ajar.

n-House Training Sekolah Penggerak SMP Negeri 9 Surakarta
7 Juli 2021 - 15 Juli 2021

Selama beberapa tahun ke depan, SMP Negeri 9 Surakarta akan melaksanakan beberapa agenda sebagai follow-up kegiatan Sekolah Penggerak di mana akan berfokus pada pengimplementasian KOS dan berupaya untuk membentuk karakater peserta didik sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. (Awp) 

0 comments:

Post a Comment