Sunday, March 28, 2021

Peringatan Earth Hour 2021 di SMP Negeri 9 Surakarta

Peringatan Earth Hour 2021 di SMP Negeri 9 Surakarta, Sabtu (27/3/2021)

SMP Negeri 9 Surakarta menyelenggarakan peringatan Earth Hour 2021, Sabtu malam (27/3/2021) di halaman sekolah. Kegiatan tersebut diikuti oleh kepala sekolah, guru, staf, perwakilan OSIS dan alumni yang hadir secara langsung ke sekolah. Tidak hanya itu, peringatan Earth Hour juga diikuti oleh puluhan peserta didik SMP Negeri 9 Surakarta secara daring melalui streaming Google Meet. Aksi Earth Hour dilakukan dengan memadamkan lampu di seluruh gedung sekolah mulai pukul 20.30 hingga 21.30 WIB. Pemadaman tersebut dilakukan secara simbolik oleh Kepala SMP Negeri 9 Surakarta, Diah Pitaloka Handriani, S.Pd., M.Pd.


Peringatan Earth Hour 2021 di SMP Negeri 9 Surakarta, Sabtu (27/3/2021)

Selama aksi Earth Hour berlangsung, para guru menyalakan lilin membentuk angka 60+ sebagai peneragan sementara. Ketua panitia acara, Hari Untoro, S.Pd. juga menyampaikan materi terkait pentingnya hemat energi. “Saya berharap kegiatan penghematan energi atau listrik tidak hanya dilakukan hanya pada malam ini, tapi secara berkelanjutan dan dijadikan budaya di rumah kalian,” ungkapnya. Acara kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu bertemakan alam dan kehidupan bersama-sama. Di penghujung Earth Hour, semua peserta berbaris membentuk formasi love sambil mengangkat lightstick warna-warni yang dibagikan sebagai bentuk cinta SMP Negeri 9 Surakarta kepada bumi.


Peringatan Earth Hour 2021 di SMP Negeri 9 Surakarta, Sabtu (27/3/2021)

Kepala SMP Negeri 9 Surakarta menjelaskan bahwa kegiatan Earth Hour ini sudah menjadi kegiatan rutin tahunan sekolah. Meski sempat vakum satu tahun karena pandemi COVID, aksi hemat energi tersebut kini diadakan kembali dengan tetap mematuhi protokol kesehatan New Normal. “Saya berpesan untuk semua warga sekolah untuk senantiasa hemat energi, tidak hanya hemat listrik, tetapi juga hemat air mengingat manfaat dan kebutuhan air di masa mendatang itu sangat diperlukan untuk anak cucu kita,” ungkapnya. Kepala sekolah juga berharap para peserta didik bisa menyampaikan pesan terkait kelestarian lingkungan dalam kegiatan 60 menit Earth Hour tahun 2021 ini. Satu jam untuk bumi, gaya hidup bagi kami! (Awp)

0 comments:

Post a Comment