Friday, February 26, 2021

Siswa-siswi SMP Negeri 9 Surakarta Memilah Sampah di Hari Peduli Sampah Nasional

 

Gerakan Memilah Sampah di Hari Peduli Sampah Nasional

Siswa-siswi SMP Negeri 9 Surakarta melakukan aksi pemilahan sampah dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Minggu (21/2/2021). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas VII dan VIII dan dilakukan di rumah masih-masing. Kegiatan pemilahan sampah ini dilakukan sebagai aksi nyata mereka dalam pengolahan sampah dengan cara paling sederhana yaitu memilahnya berdasarkan beberapa jenis.

Peserta didik diminta mengumpulkan sampah yang ada di sekitar rumahnya dan memilahnya menjadi sampah organik dan non-organik. Kegiatan tersebut didokumentasikan melalui kumpulan foto atau video singkat berdurasi dua menit. Dalam kegiatan pemilahan sampah, peserta didik juga diimbau untuk tidak membakar sampah atau mencari sampah di luar area rumah.

Siswa SMP Negeri 9 Surakarta memilah sampah di rumah masing-masing, Minggu (21/2/2021)

Siswa SMP Negeri 9 Surakarta memilah sampah di rumah masing-masing, Minggu (21/2/2021)

Gerakan memilah sampah ini juga menjadi bagian kegiatan pembelajaran IPA di mana hasil pekerjaan siswa-siswi diperiksa dan dinilai oleh guru mata pelajaran. Siswa-siswi SMP Negeri 9 Surakarta antusias dalam mengikuti gerakan ini yang dibuktikan dengan tingginya kreativitas mereka dalam membuat kumpulan foto atau video untuk kegiatan pemilahan sampah. Melalui aksi pemilahan sampah ini, para siswa-siswi diharapkan semakin sadar akan kebersihan lingkungan dan pentingnya mengolah sampah di kehidupan sehari-hari. (Awp)

0 comments:

Post a Comment