 |
Kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas SMP Negeri 9 Surakarta, Kamis (7/11/2019) |
Kamis
(7/11/2019), seluruh warga SMP Negeri 9 Surakarta mengikuti kegiatan Sehari
Belajar di Luar Kelas (SBLK). Kegiatan ini menjadi satu dari serangkaian
kegiatan untuk memperingati Hari Anak Internasional tanggal 20 November.
Gerakan ini tidak hanya dilakukan di Indonesia, tapi sudah pada taraf dunia
yang diberi nama Outdoor Classroom Day (OCD).
Kegiatan
Sehari Belajar di Luar Kelas di SMP Negeri 9 Surakarta diikui oleh siswa-siswi
kelas 7 dan 8. SBLK sendiri dilaksanakan selama lebih kurang selama tiga jam.
Banyak pendidikan karakter yang ditanamkan melalui agenda yang diawali dengan
salam, senyum dan sapa di pagi hari oleh semua warga sekolah. Selain itu,
pendidikan kesehatan, iman dan takwa, cinta lingkungan, gemar membaca dan cinta
tanah air juga diajarkan pada peserta didik.
 |
Kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas SMP Negeri 9 Surakarta, Kamis (7/11/2019) |
Acara
inti yang juga dilakukan dalam rangkaian kegiatan SBLK adalah deklarasi Sekolah
Ramah Anak yang dipimpin oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Surakarta, Diah
Pitaloka Handriani, S.Pd., M.Pd. Melalui deklarasi tersebut, seluruh warga
sekolah berkomitmen untuk mencipatakan suasana pembelajaran yang aman, nyaman,
kondusif dan ramah untuk anak-anak.
Dalam
SBLK, siswa-siswi diajak untuk makan bersama bekal yang mereka bawa dari rumah
serta memainkan permainan tradisional, seperti lompat tali, congklak, bola
bekel, dan lain-lain. Mereka juga diajak untuk melakukan kegiatan literasi
dengan membaca buku bacaan yang mereka miliki. Melalui kegiatan ini, sekolah
berharap akan munculnya suasana dan budaya baru yang positif di lingkungan
sekolah yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran dan pengembangan karakter
siswa-siswi. (Awp)
 |
Kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas SMP Negeri 9 Surakarta, Kamis (7/11/2019)
|
 |
Kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas SMP Negeri 9 Surakarta, Kamis (7/11/2019) |
 |
Kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas SMP Negeri 9 Surakarta, Kamis (7/11/2019)
|
0 comments:
Post a Comment