Saturday, March 2, 2019

Tadabbur Alam SMP N 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019

Kepala Sekolah SMP N 9 Surakarta, Diah Pitaloka Handriani, S.Pd., M.Pd. memberika sambutan di acara Tadabbur Alam, Jumat (1/3/2019)
SMP N 9 Surakarta baru saja melaksanakan kegiatan Tadabbur Alam di Tawangmangu, Karanganyar Jumat-Sabtu, 1-2 Maret 2019. Kegiatan Taddabur Alam SMP Negeri 9 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019 diselenggarakan di Pondok Sari 1 dan area Lawu Resort. Tadabbur Alam sudah menjadi satu dari banyak kegiatan keagamaan yang diselenggarakan oleh SMP N 9 Surakarta setiap tahunnya. Acara yang menjadi bagian dari program Pembinaan Mental ini diadakan bagi siswa-siswi beragama Islam kelas IX SMP N 9 Surakarta yang akan menghadapi ujian kelulusan (UASBN dan UNBK). Tadabbur Alam tersebut tidak hanya diisi dengan kajian remaja, tapi juga disertai dengan acara ESQ dan outbound. Tahun ini, SMP N 9 Surakarta bekerjasama dengan lembaga ANAVA untuk menangani kegiatan outbond dan Spiritual Building Training (SBT).

Para siswa kelas IX SMP N 9 Surakarta mengikuti kegiatan ESQ atau SBT di Pondok Sari, Jumat (1/3/2019)
Acara SBT diisi dengan materi yang berisikan petuah yang sarat dengan ilmu agama, baik untuk pembentukan karakter remaja sebagai pelajar muslim maupun untuk penyemangat menghadapi ujian nasional dan ujian hidup. Sesi SBT ditutup dengan renungan atau refleksi diri sebagai seorang anak yang taat pada Allah dan kedua orangtua melalui proses hipnoterapi. Berbagai materi yang disampaikan di acara SBT juga didukung dengan kegiatan praktik berupa outbound. Dalam outbound tersebut, para siswa kelas IX SMP N 9 Surakarta dibagi secara acak menjadi beberapa kelompok. Siswa-siswi melakukan berbagai permaianan outbound yang terbagi di beberapa pos yang melatih semangat, kekompakan, kekreatifan hingga keberanian mereka. Meskipun sempat diguyur hujan gerimis, siswa-siswi tetap bersemangat mengikuti outbound.

Peserta didik mengikuti acara outbound di area Lawu Resort, Sabtu (2/3/2019)
Selain meningkatkan semangat dan kesiapan peserta didik jelang ujian kelulusan, kegiatan Tadabbur Alam setiap tahun ini juga diharapkan dapat meningkatkan motivasi, rasa peduli dan sikap bersyukur para peserta didik kelas IX. Sekaligus menjadi cara untuk memupuk ukhuwah di lingkungan SMP N 9 Surakarta dan ketaqwaan pada Allah SWT.
Berikut adalah foto-foto acara Tadabbur Alam dan outbound yang diikuti oleh siswa-siswi SMP N 9 Surakarta:
Para siswa kelas IX SMP N 9 Surakarta mengikuti kegiatan ESQ atau SBT di Pondok Sari, Jumat (1/3/2019)
Para siswi kelas IX SMP N 9 Surakarta mengikuti kegiatan ESQ atau SBT di Pondok Sari, Jumat (1/3/2019)
Peserta didik mengikuti acara outbound di area Lawu Resort, Sabtu (2/3/2019)
Peserta didik mengikuti acara outbound di area Lawu Resort, Sabtu (2/3/2019)


(awp)


0 comments:

Post a Comment