Minggu, 02 Oktober 2016

PHBS Challenge SMP Negeri 9 Surakarta

Apa itu PHBS?

Apa itu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ?

  • PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.
  • PHBS itu jumlahnya banyak sekali, bisa ratusan. Misalnya tentang Gizi: makan beraneka ragam makanan, minum Tablet Tambah Darah, mengkonsumsi garam beryodium, memberi bayi dan balita Kapsul Vitamin A. Tentang kesehatan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan.
  • Setiap rumah tangga dianjurkan untuk melaksanakan semua perilaku kesehatan.

Apa Manfaat PHBS ?

  • Setiap anggota keluarga menjadi sehat dan tidak mudah sakit.
  • Anak tumbuh sehat dan cerdas.
  • Anggota keluarga giat bekerja.
  • Pengeluaran biaya rumah tangga dapat ditujukan untuk memenuhi gizi keluarga, pendidikan dan modal usaha untuk menambah pendapatan keluarga.

Lokasi PHBS

  Dengan keterangan diatas selaku sekolah yang menyandang sebagai Sekolah Adiwiyata oleh karena itu SMP Negeri 9 Surakarta melaksanakan PHBS Challenge bersama Cita Sehat. Pada awalnya PHBS Challenge ini berjalan sampai 3 bulan saja yaitu mulai bulan Oktober - Desember 2016. Tetapi Ibu Kepala Sekolah Ibu. Mulyati, S.Pd, M.M menghendaki untuk dilanjutkan sebagai ekstrakurikuler.
PHBS challenge mengambil tema :

1. Green Activation (Menanam Sayuran)
    Green Activation ini adalah salah satu aktivasi PHBS bagi siswa agar mulai peduli dengan lingkungan terdekatnya dengan menanam sayuran. Mengapa meilih sayur? agar tanaman ini bisa langsung dinikmati hasilnya atas jerih payahnya menanam. Dan sayuran merupakan salah satu indikator PHBS, dimana konsumsi sayuran setiap hari merupakan sebuah kebutuhan.
" Sadar menanam akan memotivasi untuk sadar konsumsi "

2. Physic Activation (Aktivitas Fisik)
    Physic Activation ini adalah salah satu upaya bahwa salah satu indikator PHBS yakni aktivitas fisik  setiap hari akan menentukan produktivitas dalam belajar. jika badan tidak pernah di gerakkan, maka seluruh otot juga tidak bekerja dan tubuh pun menjadi lemas serta mudah mengantuk. Para challenger diajak untuk menginisiasi gerakan sederhana tentang perilaku kesehatan ini dilingkungan sekolahnya agar seluruh siswa juga turut mengikutinya (senam kebugaran).

3. Zero Waste Activation (Pengelolaan Sampah)
   Zero Waste Activation ini adalah salah satu aktivasi PHBS bagi siswa agar mulai peduli dengan kondisi sampah yang kian menumpuk di lingkungan terdekatnya. sudah seharusnya, sebagai pelajar mampu berpikir bagaimana menjadikan sampah bukan sebagai musuh, tetapi sebagai sahabat. sahabat dalam arti tidak dijauhi. pelajar mampu melakukan pilah sampah & mengelolanya(terutama sampah kemasan) menjadi suatu hal yang unik dan bermanfaat. sehingga perilaku ini menjadi teladan bagi sekitarnya.
" Sampah adalah Sahabat, bukan musuh."

4. Clean Activation (Cuci Tangan Pakai Sabun)
    Clean Activation adalah salah satu aktivasi PHBS cuci tangan pakai sabun. sederhana, namun sering terlewatkan. kuman dan berbagai virus penyakit sering melewati tangan kotor kita sebelum akhirnya masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, kesadaran untuk cuci tangan pakai sabun perlu menjadi sebuah komitmen bersama agar hal yang sederhan ini menjadi kebiasaan baik.
" Melakukan CTPS sama halnya mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh kita. Sederhana & Menyenagkan."




Panen Hasil menanam Sayuran

0 komentar:

Posting Komentar